PEMBAHASAN
METODOLOGI PEMBELAJARAN
A. Pengertian Metodologi
Kata “Metodologi”
berasal dari bahasa Yunani methodos yang berarti cara, danlogos yang
berarti ilmu. Dengan demikian Metodologi dapat diartikan ; Suatu disiplin ilmu
yang berhubungan dengan metode, peraturan, atau kaedah yang diikuti dalam ilmu
pengetahuan.[1] (Komaruddin
dan Yooke, 2000).
Metodik (Methodentic)
sama artinya dengan metodologi (Methodology), yaitu suatu penyelidikan
yang sistematis dan formulasi metode-metode yang akan digunakan dalam
penelitian.[2]
Metodologi, menurut
Kamus Besar Bahasa Indonesia (Depdiknas, 2002 : 741), berarti “ ilmu tetang
metode, uraian tentang metode”.
B. Pengertian Pembelajaran
Istilah “pembelajaran”
sama dengan “instruction atau “pengajaran”. Pengajaran mempunyai
arti cara mengajar atau mengajarkan. (Purwadinata, 1967, hal 22). Dengan
demikian pengajaran diartikan sama dengan perbuatan belajar (oleh siswa)
dan Mengajar (oleh guru). Kegiatan belajar mengajar adalah satu kesatuan
dari dua kegiatan yang searah. Kegiatan belajar adalah kegiatan primer,
sedangkan mengajar adalah kegiatan sekunder yang dimaksudkan agar terjadi
kegiatan secara optimal. Dan dapat ditarik kesimpulan bahwa Pembelajaran adalah
usaha sadar dari guru untuk membuat siswa belajar, yaitu terjadinya perubahan
tingkah laku pada diri siswa yang belajar, dimana perubahan itu dengan
didapatkannya kemampuan baru yang berlaku dalam waktu yang relative lama dan
karena adanya usaha.
Pembelajaran adalah
suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa, yang berisi
serangkaian peristiwa yang dirancang dan disusun sedemikian rupa untuk
mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar siswa yang bersifat
internal.[3]
Pembelajaran adalah
kegiatan yang di dalamnya terdapat proses mengajar, membimbing, melatih,
memberi contoh, dan mengatur serta memfasilitasi berbagai hal kepada peserta
didik agar biasa belajar sehingga tercapai tujuan pendidikan.
Pembelajaran merupakan
suatu proses interaksi yang dilakukan pendidik kepada peserta didik untuk
memunculkan keinginan belajar dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan
melalui media, lingkungan, dan lainnya.
Pembelajaran menurut
para ahli :
1. Menurut Knowles, pembelajaran
adalah cara pengorganisasian peserta didik untuk mencapai suatu tujuan
pendidikan.
2. Menurut Crow & Crow, Pembelajaran
adalah pemerolehan tabiat, pengetahuan dan sikap.
3. Menurut Munif Chatib, Pembelajaran
adalah suatu proses transfer ilmu dua arah, antara guru sebagai pemberi
informasi dan siswa sebagai penerima informasi.
4. Menurut Oemar Hamalik, Pembelajaran adalah
suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material,
fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi untuk mencapai
tujuan belajar.
C. Pengertian Metodologi Pembelajaran
Metodologi dapat
diartikan ; Suatu disiplin ilmu yang berhubungan dengan metode, peraturan, atau
kaedah yang diikuti dalam ilmu pengetahuan.[4] Pembelajaran adalah
usaha sadar dari guru untuk membuat siswa belajar, yaitu terjadinya perubahan
tingkah laku pada diri siswa yang belajar, dimana perubahan itu dengan
didapatkannya kemampuan baru yang berlaku dalam waktu yang relatif lama dan
karena adanya usaha.
Jadi, dapat ditarik
kesimpulan bahwa metodologi pembelajaran adalah :
1. Metodologi pembelajaran adalah ilmu yang membahas tentang
cara-cara yang digunakan untuk melaksanakan suatu proses interaksi antara
pebelajar dan pebelajar agar tujuan yang telah ditentukan dalam pendidikan
dapat tercapai.
2. Metodologi pembelajaran adalah ilmu yang mempelajari tentang
bagaimana cara-cara seorang guru dalam membimbing, melatih, memberi contoh, dan
mengatur serta memfasilitasi berbagai hal kepada peserta didik agar biasa
belajar sehingga pengajaran tersebut sesuai dengan daya serap peserta didik
3. Metodologi pembelajaran adalah ilmu yang membahas tentang segala
usaha seorang guru yang sistematis dan pragmatis untuk mencapai tujuan
pendidikan melalui proses pembelajaran dengan berbagai aktivitas baik itu di
dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.
KESIMPULAN
Dari hasil pembahasan
metodologi pembelajaran yang ada di atas dapat penulis simpulkan yakni sebagai
berikut :
· Metodologi berarti ilmu tentang metode
· Metodologi adalah suatu disiplin imu yang berhungan dengan metode,
peraturan, atau kaidah-kaidah yang diikuti dalam ilmu pengetahuan
· Pembelajaran bermakna sebagai upaya membelajarkan
seseorang/kelompok orang yang berbagai upaya dan strategi metode dan pendekatan
kearah pencapaian suatu tujuan yang telah direncanakan. Pembelajaran merupakan
proses interaksi antara peserta didik dan tenaga pendidikan serta sumber
belajar pada suatu lingkungan belajar yang berupa kegiatan dan intervensi
· Proses pembelajaran adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan
rencana yang sudah di susun dalam bentuk kegiatan yang nyata.
· Metodologi pembelajaran adalah ilmu yang membahas tentang cara-cara
yang digunakan untuk melaksanakan suatu proses interaksi antara pebelajar dan
pebelajar agar tujuan yang telah ditentukan dalam pendidikan dapat tercapai.
Dengan cara membimbing, melatih, memberi contoh, dan mengatur serta
memfasilitasi berbagai hal kepada peserta didik agar biasa belajar sehingga
pengajaran tersebut sesuai dengan daya serap peserta didik dengan berbagai
aktifitas baik itu di dalam sekolah maupun di luar sekolah.
DAFTAR PUSTAKA
Hidayat Syah.
2010. Pengantar Umum Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan
Verifikatif, Cet.Pertama, Pekanbaru: Suska Press
Zakiah Daradjat, Dkk. 2008. Metodik
Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara
Hidayat Syah, Pengantar Umum Metodologi Penelitian
Pendidikan Pendekatan Verifikatif, Cet.Pertama, Pekanbaru: Suska Press, 2010. hlm. 13
Zakiah Daradjat, Dkk. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2008, hlm. 1
S. Winataputra, Belajar dan Mengajar, Surakarta: Lima Aksara, 2008. hlm.40
Hidayat Syah, Pengantar Umum Metodologi Penelitian
Pendidikan Pendekatan Verifikatif, Cet.Pertama,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar